Profil

Gambaran Umum



Desa Dauh Puri Klod dibentuk berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali Nomor 7/pem/II.A/2-57/1980 tanggal 1 April 1980 dengan Status Desa Persiapan sebagai pengembangan wilayah administratif Desa Dauh Puri.

Pada tanggal 1 Juli 1980 oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali dengan Peraturan Daerah Tingkat I Bali Nomor 57 Tahun 1980 tentang Penetapan Desa-desa Persiapan menjadi Desa Definisif di Kota Administratif Denpasar dengan kode desa 51.03.72.2013

Luas wilayah Desa Dauh Puri Klod + 188 Ha dengan batas-batas wilayah :

-      Utara      : Kelurahan Dauh Puri

-      Timur      : Desa Dangin Puri Klod dan Kelurahan Panjer

-      Selatan    : Kelurahan Sesetan dan Kelurahan Pedungan

-      Barat      : Desa Dauh Puri Kauh

Desa Dauh Puri Klod membawahi 11 (sebelas) Dusun terdiri dari :

1.    Dusun Eka Sila

2.    Dusun Batu Bintang

3.    Dusun Bumi Banten

4.    Dusun Bumi Kerthi

5.    Dusun Bumi Shanti

6.    Dusun Bumi Asri

7.    Dusun Bumi Sari

8.    Dusun Sanglah Barat

9.    Dusun Sanglah

10.Dusun Sanglah Utara

11.Dusun Sanglah Timur

 

Masing-masing dusun di Desa Dauh Puri Klod, dipimpin oleh Kepala Dusun / Klian Dinas. Kepala Dusun sebagai perangkat pemerintah desa.

Sebagai perangkat pemerintah desa, Kepala Dusun mempunyai tugas, wewenang, kewajiban dan hak.

Desa Dauh Puri Klod merupakan dataran rendah dengan bentuk permukaan bentang wilayah datar. Iklim yang berlaku pada dasarnya sama dengan iklim yang berlaku di wilayah Indonesia pada umumnya yaitu iklim tropis, meliputi :

-     Musim hujan dari bulan Oktober s/d Maret

-     Musim kemarau dari bulan April s/d September

Dari segi kependudukan, penduduk di Desa Dauh Puri Klod adalah sangat heterogen, terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama yang secara umum bahwa penduduk terdiri dari para urban yang tinggal menetap, memiliki tempat tinggal dan pekerjaan tetap.

Menurut data profil dan monografi desa tahun 2012, jumlah penduduk Desa Dauh Puri Klod telah mencapai 14.915 jiwa dengan pendidikan mulai dari pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Tingkat Atas, dan Perguruan Tinggi (D1,D2,D3,D4,S1,S2,S3), dengan mata pencaharian ada PNS, Pegawai Swasta, Pengusaha dan pekerjaan lain yang halal untuk menghidupi keluarga.

Berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah, maka setiap 12,5 m2 dihuni oleh satu orang penduduk dan luas 12,5 m2 belum dikurangi dengan panjang, lebar jalan dan fasilitas umum seperti rumah sakit, toko kios, warung dapat diperkirakan setiap luas lahan 10 m2 dihuni oleh satu orang penduduk. Asumsi sementara bahwa penduduk desa Desa Dauh Puri Klod termasuk wilayah berpenduduk padat di kota Denpasar.


Video
No Video.
Facebook
Twitter